Senin, 23 Desember 2019

untuk mamah

teruntuk belahan jiwa ku yang selalu aku jaga...
mah, aku punya banyak kisah untuk aku ceritakan ke mamah
dari kecil, mamah adalah sosok panutanku
aku selalu lihat mamah bernegosiasi berjualan pada semua rekanmu,
aku coba menjual jepitan rambut manis dengan cara mamah
aku selalu lihat mamah menjadi orang yang selalu ditunggu karna tingkah lucu,
aku memutuskan berhenti menutup diri dan menjadi seperti mamah
aku selalu lihat mamah berani melawan apapun yang terjadi,
aku menjadi orang terdepan saat temanku disakiti
aku juga selalu melihat mamah tersenyum dalam kondisi apapun,
sampai detik ini tak pernah aku berfikir untuk menjadi lemah
mamah wanita terhebat yang tidak pernah meneteskan air mata
aku takkan mau kalah darimu, walaupun kita sama sama lemah dalam film india
tapi ternyata semua usahaku masih kurang mah,
aku masih saja menjadi manusia yang payah
yang masih saja membutuhkan kalian
mah...
sejak kecil aku selalu berusaha sekuat tenaga untuk memberikan yg terbaik untuk kalian
sampai akhirnya aku terus menerus terjatuh
aku bahagia ketika bagian dariku setidaknya lebih baik dariku membanggakan kalian
walaupun aku sebenarnya iri
karna dia selalu juara, mamah gak pernah melewati waktu untuk menyaksikannya naik panggung
karna dia tidak pernah mengecewakan, mamah tidak segan meluangkan waktu untuk hadir
dosa besar aku padamu mah
mamah tau doa yang selalu aku panjatkan setiap hari selain mendoakan keselamatanmu?
memohon ampun karna aku telah berdosa merasa tidak adil diperlakukan oleh mamah
tapi sekarang aku sadar mah, untuk aku yang tidak pernah membanggakan kalian,
apa pantas aku mendapatkan kebebasan? jelas tidak
jutaan kali aku terjatuh mah, jutaan kali aku terluka, tak jarang pula aku nyaris terjerumus pada hal yang tidak baik. bersyukur aku punya teman teman yang mamah curigai tak baik, menarikku kembali dan bilang "jangan mau kalah kuat sama mamah kamu". mereka yang sekarang aku tinggalkan demi menenangkan hati mamah adalah mereka yang selalu mengingatkan aku mah. mamah tau gak? pernah sejatuh apa aku selama ini demi memasang wajah baik baik aja dirumah? mamah inget waktu aku minta kos demi tugas akhir? bukan mah, bukan demi tugas akhir, itu demi kesehatan mentalku. aku sudah sangat tidak sanggup berpura pura baik baik saja dirumah, selalu berkata aku berhasil karna aku tidak mau mengecewakan mamah. maaf karna aku bohong sama mamah, aku gak bener bener menyewa kamar mah, aku cuma menginap dikosan temen. maaf karna semua uang yang mamah kasih aku pakai untuk menenangkanku. aku butuh psikolog untuk memperbaiki diriku mah. aku butuh orang yang tepat untuk meringankan tekananku. aku tidak mau terlalu jauh melukai hati mamah dengan keadaan mentalku yang terombang ambing sampai tak jarang emosiku meledak tibatiba. aku gakmau menyakiti mamah terus. udah terlalu banyak luka di hati mamah karna aku.
maaf karna sejauh ini komunikasi kita belum berjalan begitu baik mah. aku masih selalu berusaha. doakan dan ridhoi aku selalu mah. selamat hari ibu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar